Selasa, 25 Agustus 2009

PENGENALAN KEGIATAN BUDIDAYA RUMPUT LAUT


PENGENALAN KEGIATAN USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT
DI PESISIR JEPARA


Pengembangan rumput laut yang dilakukan di Pesisir Jepara dengan melakukan uji coba terhadap 2 strain bibit yaitu : Kappaphycus alvarezy (doty) strain maumerre dan Philipina (orang local menyebutnya cottoni Jumbo) dan Eucheuma cottoni strain tembalang. Uji coba ini dilakukan dalam rangka menentukan jenis bibit yang mampu berkembang dengan baik di perairan Jepara. Hasil pengamatan selama periode 1 siklus tanam menunjukan bibit strain maumerre/philipina mempunyai pertumbuhan yang baik yaitu di perairan Teluk Awur dan Bandengan, terutama pada kedalaman perairan minimal 3,5 meter dengan metoda budidaya system Rawai (long-line). Adapun tingkat pertambahan berat mencapai 5-10 kali lipat dari berat awal bibit yang ditanam, dimana penanaman awal bibit seberat 200 grm/ikat.
Selama periode siklus produksi, pembudidaya masih mengupayakan untuk melakukan pengembangan bibit secara bertahap melalui mekanisme jual beli bibit antar pembudidaya. Bahkan Bulan April lalu Kelompok Pembudidaya “Sido Makmur” desa Teluk awur telah mampu memenuhi permintaan bibit jenis K. alvarezy pada pihak pengusaha dari kabupaten Bintan Prop. Kepulauan Riau. Rata-rata mereka menjual bibit antar anggota Rp.2.500,- per kg sedangkan ke luar daerah mereka mematok harga sampai dengan Rp. 3.500,-.
Pada saat karimunjawa mengalami kerusakan hamper 80% akibat penyakit ice-ice dan lumut, malah kondisi rumput laut di perairan Teluk Awur tidak sampai mengalami hal serupa. Tentunya merupakan suatu tantangan potensi yang cukup besar untuk dilakukan pemanfaatan. Menurut hasil kajian dan identifikasi total potensi perairan pesisir Jepara mencapai lebih kurang 405 Ha (mulai dari Bondo sampai dengan Teluk awur), namun demikian potensi yang paling baik berada pada kawasan perairan Teluk Awur yan mencapai kurang lebih 150 Ha.
Melihat besarnya potensi pengembangan budidaya rumput laut di Kabupaten Jepara yang meliputi Kepulauan Karimunjawa dan pesisir Jepara, tentunya diperlukan upaya yang serius melalui arah kebijakan yang srategis dari pemerintah daerah, mengingat selain rumput laut merupakan komoditas ekonomis yang penting baik local maupun ekspor disamping itu kegiatan usaha budidaya rumput laut merupakan satu-atunya kegiatan usaha yang mampu menyentuh semua lapisan masyarakat pesisir melalui pemberdayaan sumberdaya yang ada.

1 komentar:

  1. dimana saya bisa membeli rumput laut?minta alamatnya dong...

    BalasHapus

Silahkan berkunjung ke blog kami untuk melihat informasi seputar sumberdaya rumput laut di Kabupaten Jepara