Senin, 31 Agustus 2009

JENIS RUMPUT LAUT POTENSIAL PENGHASIL KARAGINOFIT



Karaginofit

Karaginofit adalah rumput laut yang mengandung bahan utama polisakarida karagin. Rumput laut yang mengandung karaginan adalah dari marga Eucheuma yang merupakan jenis alga merah (Rhodophyceae). Karaginan ada tiga macam, yaitu iota karaginan dikenal dengan tipe spinosum, kappa karaginan dikenal dengan tipe cottoni dan lamba karaginan. Ketiganya dibedakan dengan sifat jeli yang terbentuk. Iota karaginan berupa jeli lembut dan fleksibel atau lunak. Kappa karaginan jeli bersifat kaku dan getas serta keras. Sedangkan lamba karaginan tidak dapat membentuk jeli, tapi berbentuk cair yang viscous.

Jenis yang potensial diantaranya E. cottoni dan E. spinosum. Kedua jenis ini secara luas diperdagangkan, baik keperluan bahan baku industry dalam negeri maupun ekspor. Sedangkan E. edule dan Hypnea sp hanya sedikit sekali diperdagangkan dan tidak dikembangkan dalam usaha budidaya. Sebaliknya E.cottoni dan E. spinosum dibudidayakan oleh masyarakat pantai. Dari kedua jenis tersebut E.cottoni yang paling banyak dibudidayakan karena permintaan pasar yang sangat besar.

Rumput laut E. cottoni di Indonesia umumnya tumbuh di perairan yang mempunyai rataan terumbu karang. Ia melekat pada substrat karang mati atau batu gamping di daerah interdal dan subtidal. Tumbuh tersebar hamper di seluruh perairan Indonesia.

Wilayah potensial untuk pengembangan budidaya rumput laut E. cottoni terletak di perairan pantai Nanggro Aceh Darussalam (sabang); Sumatera Barat (Pesisir Selatan, Mentawai); Riau (Kepulauan Riau, Batam); Sumatera Selatan ; Bangka Belitung; Banten (ujung Kulon); Kepulauan Seribu; Jawa Tengah (Karimunjawa, Jepara); Jawa Timur (Situ bondo, Madura dan Banyuwangi); Bali (Nusa Penida, Nusa Lembongan); NTB (Lombok Timur, Lombok Barat, Sumbawa, Bima, Dompu); NTT (Larantuka, Kupang, Maumerre, P. Rote); Sulawesi Utara; Gorontalo; Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara; Kalimantan Selatan (P. Laut); Kalimantan Timur; Maluku (P. Seram, Halmahera, Kep. Aru dan Kei); Papua.

2 komentar:

  1. YTh. BP. Ronald

    Mengenai Produk anda silahkan Hubungi PT. Indo Carrageen alamat J;. Veteran no. 11-23 Gresik. Atau hubungi Bp. Taufan Akbar : 081331806777 a/ 081703123450

    BalasHapus

Silahkan berkunjung ke blog kami untuk melihat informasi seputar sumberdaya rumput laut di Kabupaten Jepara